arsip

Kamis, 19 April 2012

SEMPU!

Menurut saya, pulau yang terletak disebalah selatan Malang ini bagus banget!. Pulau ini merupakan cagar alam yang masih asri walaupun ada sedikit sampah dari orang-orang yang ngecamp secara tidak bertanggung jawab. Saya suka sempu karena ada sesuatu yang membedakan dengan pulau-pulau pasir putih lainya. Pulau sempu ini memiliki danau di dalam pulaunya!. Danau tersebut terbentuk dari air laut yang masuk melalui celah karang yang berbatasan langsung dengan laut lepas bercampur air hujan.  inilah yang menjadi ciri khas dari sempu :D
Saya tidak begitu paham transportasi umum menuju pulau ini. Kemarin saya bersama teman-teman naik mobil ke pantai Sendang Biru dari kota Malang. (untuk lokasinya tepatnya juga kurang tau, karena kita cuman ngawur make GPS BB, alhamdulillah gak nyasar :D) Yang jelas perjalan dari malang ke pantai sendang biru ini melewati medan yang lumayan sadis. Jalan naik turun perbukitan dengan jalan lumayan sempit. Pokoknya entar sampai di pantai Sendang Biru, nyewa kapal di nelayan untuk menyeberang. kemarin saya dapat harga 100k PP untuk satu kapal yang bisa digunakan lebih dari 10 orang. Jangan lupa minta ijin ke post Cagar Alam Sempu yang berada di pantai Sendang Biru dan membayar retribusi disana. gak mahal kok, paling sekitar 5 ribu per-orang. Sebenarnya di sempu paling enak ngecamp, tapi apa daya waktu tak sempat :(
Setelah menyebrang kita harus tracking ke dalam hutan selama kurang lebih 1 jam. Kalau jalan santai mungkin bisa lebih. Hutanya lumayan becek, jadi disarankan make sepatu boot, cz kemarin saya salah kostum yang hanya mengenakan sandal jepit. alhasil ya susah tracking, bahkan beberapa kali sandal terjebak kedalam lumpur.
setengah jam sebelum sampai di venue  akan nemuin pemandangan keren. sebuah danau pasir putih berair payau (kalau musim ujan). disebelah selatan ada karang-karang yang bisa dinaiki sambil lihat lautan lepas.