arsip

Minggu, 14 Juli 2013

Pohon Cemara dan Bambu China



Kemarin saya nonton Pacific Rim. Sebuah film yang menurut saya seperti nonton  serial ultraman sewaktu saya kecil. Film di mulai jam setengah Sembilan dan selesai sekitar jam setengah sebelas. Selesai menonton saya menyempatkan untuk makan di lesehan Dara di jalan solo, jogja.
Selesai makan, saat saya ngobrol dengan teman saya, ada bapak-bapak (lebih tepatnya kakek-kakek) dengan anak atau cucu berjualan pohon cemara dan bamboo china! Jam sebelas malam jualan tanaman! Saya gak tau apa motiv bapak-bapak itu jualan tanaman malam-malam. Jualanya hanya sekitar  lima item saja. Dua cemara, dan tiga  bamboo china. Tanaman itu dibawa tanpa menggunakan alat bantu apapun. Sambil keliling berjalan kaki dia menawarkan ke orang-orang yang sedang makan disitu.
Mungkin karena wajah orang tua itu terlihat letih, akhirnya saya membeli dua biji pohon itu. Dan setelah saya piker-pikir, saya telah melakukan sesuatu yang aneh. Saya membeli pohon di tengah malam, di warung lesehan sambil makan.  Dan sampai sekarang saya masih mikir, apa sih motif mereka selain mencari nafkah untuk melakukan sesuatu yang sekonyol itu.