arsip

Kamis, 10 Mei 2012

MUSIC VIDEO

ketika saya ditawari untuk membuat video klip, saya sebenarnya masih ragu karena bagaimanapun juga video klip berbeda dengan film. secara spekulan saya mengambil tawaran tersebut, dan berharap hasilnya akan bagus. kami mengadakan rapat kecil untuk membahas konsep video klip di rumah saudara saya, Didik Darmadi. lagupun diberikan, sebuah lagu pop-mellow-melayu. beberapa opsi tema video juga disumbangkan oleh beberapa orang yang ada saat itu. dan secara spontan kami menetapkan syuting pada hari saptu dan minggu-ketika saya libur kuliah- dengan konsep yang sudah ada.
di jogja saya membuat skrip hasil diskusi di temanggung itu dengan acak. saya membuat skrip sebuah video klip dalam waktu satu jam! sebuah rekor untuk penulis naskah. hari saptupun datang. saya pulang ke temanggung pada hari jumat, dan malamnyapun prepare untuk syuting hari pertama yang terletak disebuah rumah kayu yang sudah ditinggal migrasi ke kalimantan, sehingga rumah itu bebas untuk digunakan. setelah menata lampu dan perlengkapan lainya, satu sekitar jam 10.00 kami mulau untuk syuting bagian pertama. sebenarnya sudah molor dari jadwal yang semula jam 7.00. syuting berjalan lancar. yang kemudian dilanjutkan syuting hari kedua. hari kedua syuting berada di tiga tempat yang berbeda. yaitu di bumi perkemahan jlumprit, kebun teh tambi, dan di food court allur-wonosobo. syuting tahap kedua ini juga molor, yang semula sudah harus dimulai pukul 7.00 berubah menjadi pukul 10.00. setelah beberapa kali take, akhirnya kami pulang di tengah hujan deras. mobil satu dan dua langsung pulang ke bansari, sedangkan saya harus mengantar model ke temanggung. malam hari video tersebut diedit, dan pagi harinya video itu sudah bisa ditonton dan diedarkan :) very fast dude!

ini juga pengalaman pertama saya dalam membuat video klip sekaligus memborong semua jabatan film maker, dari penulis naskah, sutradara, kameramen, ligthing, editor dll :) kecuali perkap tentunya hehe. video ini banyak banget kekuranganya, tapi semoga aja menjadi pijakan awal saya dalam membuat klip-klip lainya. tentunya dengan budjet minim. karena saya denger untuk pembuatan video klip itu membutuhkan biaya sekitar 7 hingga 50 juta. ini malah bisa dikerjakan tanpa biaya :) oh iya... saya hanya menggunakan kamera saya, canon eos 500D dan lensa canon sejuta umat 50mm f:1.8 :) dan eos 600D pinjeman, namun gak banyak digunain :) yuyuyuyu

 ini dia video klipnya.

 sudah saya kompres parah (900MB to 13MB) jadi warna dan ketajaman turun drasris :)
 ditonton yaaa

 client : Dent Maft Band
 genre : pop-mellow
model : Eka Agustin